Wednesday, November 22, 2017

Android Dari Awal Sampai Sekarang

nama android dari pertama sampai sekarang
Setelah melewati beberapa tahapan dan proses penyempurnaan android mengalami perkembangan yang pesat. Dari mulai awal dirilis sampai sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Baik dari system operasinya maupun fitur nya.

Jarang yang mengetahui alasannya kalau nama versi dari android itu merupakan nama dari makanan yang banyak beredar di pasaran dunia. Seperti lollipop, jellybean, kitkat dan yang lainnya


Berikut ini adalah nama versi android dari awal sampai sekarang

Apple Pie ( Alpha ) 1.0
Dirilis pada tanggal 23 September 2008, yang merupakan generasi awal dari android. Dalam versi ini tidak banyak fitur yang disuguhkan karena masih belum ada penyempurnaan

Banana Bread ( Beta ) 1.1
Dirilis pada Februari 2009 dan masih banyak hal yang belum disuguhkan tapi sedikit sudah ada peningkatan dari pendahulunya yaitu Apple Pie.

Cupcake 1.5
Versi ini pertama kalinya Goolge menetapkan nama makanan menjadi versi android. Dalam versi ini baru bisa terlihat kemampuan android alam sistemnya serta sudah beberapa  fitur yang disematkan, serta sudah layak disebut sebagai  sistem operasi yang canggih.

Donut 1.6
Dirilis pada bulan September 2009 sudah memperbaiki bug dalam sistemnya. Sehingga tampil lebih sempurna serta fitur navigasi turn-by-turn sudah disematkan

Eclair 2.0/2.1
Setelah sukses dengan versi sebelumnya android kembali merilis versi barunya yang dirilis pada Oktober 2009 diversi 2.0 dengan nama Echair yang  menjadi awal diaplikasikan  Bluetooth 2.1 di Android. Setelah versi 2.0 diupdate lagi ke versi 2.1 yang mendapat fitur tambahan multi-touch, Live Wallpaper dan juga Blitz kamera.

Froyo / Frozen Yogurt 2.2
Pada bulan Mei 2010 Paduan antara Google Chroome dengan Android mulai nampak dengan ditambahkanya script Chroome dengan upaya untuk meningkatkan kecepatan kinerja.
Forzen Yogurt sendiri yakni memiliki makna Yogurt yang dibekukan, jadi seperti Ice Cream.

Gingerbread 2.3
Bulan Desember 2010 seiring dirilisnya Gingerbread, Android kedatangan salah satu merk Platform raksasa Smartphone yakni Samsung yang meluncurkan Samsung Nexus.
Di android versi 2.3 ini Google menambahkan fitur baru yakni NFC, internet Calling, Download Manager

Honeycomb 3.0
Lanjutan dari Huruf berabjad H adalah Honeycomb yang dirilis pada Februari 2014 , untuk versi ini   Android diperuntukkan dan spesialis Tablet dimana era Tablet sedang menjadi-jadi di tahun ini, Update tak hanya di versi 3.0 saja namun juga dilanjutkan ke versi 3.1 dan 3.2.

Ice Cream Sandwich 4.0
Revormasi Android mulai terlihat dengan adanya Ice Cream Sandwich dimana OS versi ini mulai bekerja disemua jenis platform dan smartphone seperti tablet , fiturnya juga menjadi bertambah diantaranya adalah ekstra multitasking dan notifikasi yang lebih banyak.

Jelly Bean 4.1
Android versi Jelly Bean ini dirilis pada 27 Juni 2014 lewat konferensi I/O Google. Jelly Bean menjadi versi Android yang juga banyak mendapatkan update, tercatat 2 kali sudah update dilakukan di Jelly Bean yakni versi 4.1.2 dimana perbedaan dibanding versi sebelumnya adalah segi User Interface yang lebih elegan seta penambahan fitur Google Search.

KitKat 4.4
Android Versi KitKat ini paling banyak dipakai pada smartphone masa kini. Android 4.4 menghadirkan performa sistem tertinggi dengan mengoptimalkan memori dan menyempurnakan layar sentuh agar merespons lebih cepat dan akurat. Anda dapat mendengarkan musik saat menjelajah web atau bermain game balapan terbaru. Lakukan semua dengan lancar.

Lollipop 4.5
Android Lolipop adalah Android versi terbaru yang diluncurkan Google pada tahun 2014. Versi Lollipop ini pertama kali ditanamkan di Smartphone Google Nexus 6

Marshmallow 6.0
Android Marshmallow merupakan versi penyempurnaan dari sistem sebelumnya. Pada generasi ini Android Marshmallow memperkenalkan model izin yang didesain ulang: sekarang ada hanya delapan kategori izin, dan aplikasi yang tidak lagi secara otomatis diberikan semua hak akses mereka ditentukan pada waktu instalasi. Sebuah sistem opt-in sekarang digunakan, di mana pengguna akan diminta untuk memberikan atau menolak izin individu (seperti kemampuan untuk mengakses kamera atau mikrofon) untuk aplikasi ketika mereka dibutuhkan. Aplikasi mengingat hibah izin mereka, dan mereka dapat disesuaikan oleh pengguna setiap saat.

Nougat 7.0
Android Nougat 7.0, 7.1, 7.1.1, 7.1.2 adalah pengganti dari Android Marshmallow, dan merupakan versi Android kedua terbaru yang telah dirilis. Versi ini diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016, dan diluncurkan pada 23 Agustus 2016.
Pada versi android marshmallow kebawah, ketika melakukan update setelah kita selesai mendownload, kita harus menunggu lama ketika sistem menginstall update terbarunya, dan kali ini android 7.0 Nougat tidak seperti itu.

Ketika kita selesai mendownload semuanya, update bekerja pada background atau data latar belakang, sehingga tidak mengganggu aktifitas kita, kita hanya perlu  melakukan restart saja setelah itu android kita sudah terupdate, jadi ketika proses update, kita masih bisa menggunakan android seperti biasa, tanpa menunggu persentase pemasangan sistem terbaru. Tentu ini adalah salah satu penambahan fitur yang terbaik dari google android.

Oreo 8.0
Google telah merilis versi android terbarunya masih menggunakan nama makanan yaitu OREO. Dalam versi ini android telah menyematkan berbagai fitur yang cukup menggiurkan. Seperti daya tahan baterai yang lebih maksimal.

Sesuai yang telah dijanjikan, Android Oreo mengusung sejumlah fitur baru. Optimisasi OS pada Android Oreo digadang-gadang membuat smartphone lebih pintar, cepat, powerful, dan tentunya lebih manis dari Android versi sebelumnya yakni Nougat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Archive

Definition List

test

Unordered List

Support